Tentang Kami

HONAI CENTER adalah pusat kajian, dokumentasi, dan publikasi, bidang kerja meliputi penelitian, penerbitan, pendidikan, dan advokasi. Lembaga ini didirikan oleh sekelompok orang muda dari beragam latar belakang, penulis, wartawan, aktivis, dan pekerja kemanusiaan pada 7 Juni 2015 di Jayapura dan dilandasi prinsip utama menghormati keberagaman, demokrasi, dan hak asasi manusia.

Lembaga ini lahir dari pergumulan untuk memberikan ruang bagi masyarakat Papua untuk mengekspresikan kemampuan intelektualnya. Konflik yang tak pernah berhenti telah mempersempit ruang kreativitas intelektual di kalangan orang Papua. Honai Center meyakini bahwa melalui karya-karya kreatif bisa membuka kebuntuan yang terjadi saat ini.

Ketimpangan akses informasi dan ketidakadilan informasi menjadi perhatian dan keprihatinan lembaga ini. Informasi yang tidak fair telah melahirkan ketidakadilan dan berdampak bagi tersingkirnya nilai-nilai kemanusiaan. Lembaga ini dibentuk untuk menjalankan mandat proses pencarian kebenaran melalui informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

VISI
Terwujudnya tatanan demokrasi dan kebebasan informasi di Tanah Papua, berlandaskan prinsip keadilan dan kemanusiaan.

MISI
•Mengupayakan dan mengawasi penerapan hak-hak sipil masyarakat.
•Membuat produk-produk media kreatif yang mengupas beragam sisi tentang Papua.
•Memproduksi konten informasi yang selaras dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan.
•Secara intensif dan terencana mengembangkan pendidikan untuk membangun kesadaran publik dan melahirkan generasi Papua yang berkualitas.
•Mengorganisasi keterlibatan publik dalam proses demokratisasi yang terjadi di masyarakat.

Kontak: [email protected]